login

10 Film Drama Korea Tentang Dosen dan Mahasiswa Jatuh Cinta Terpopuler yang Menarik Buat Ditonton

10 Film Drama Korea Tentang Dosen dan Mahasiswa Jatuh Cinta Terpopuler yang Menarik Buat Ditonton

10 Film Drama Korea Tentang Dosen dan Mahasiswa Jatuh Cinta Terpopuler yang Menarik Buat Ditonton – Bukan hanya kehidupan sekolah yang seru untuk kita tonton, tapi kehidupan kampus dengan berbagai permasalahannya juga tidak kalah menarik. 

Drama Korea sendiri tidak jarang kita temukan, yang berlatar kampus. Tidak hanya itu saja, adanya perkembangan hubungan antara dosen dan mahasiswanya juga menjadi salah satu plot cerita yang akan kamu temukan. 

Jika kamu membutuhkan drama Korea genre romantis dengan latar kehidupan universitas, kamu bisa mencari referensinya dari daftar film drama Korea tentang dosen dan mahasiswa berikut ini. 

Daftar Drakor Tentang Dosen dan Mahasiswa Jatuh Cinta

Kisah cinta antara mahasiswa dan dosen, tersaji dalam drama-drama ini. Diperankan oleh para aktor dan aktris ternama Korea Selatan, kamu bisa menemukan berbagai cerita seru yang sayang untuk dilewatkan. 

1. The Woman Who Still Want to Marry (2010)

Drama MBC satu ini menjadi film drama Korea tentang dosen dan mahasiswa pertama dalam daftar ini yang dikemas dengan 16 episode dan dirilis pada tahun 2010 lalu. 

Ceritanya berfokus pada kisah tiga wanita yang berusia 34 tahun dengan segala peliknya kehidupan yang mereka hadapi. Salah satunya adalah Lee Shin Young (Park Jin Hee), dia adalah seorang reporter yang memutuskan mengakhiri pertunangannya demi mengikuti pelatihan di luar negeri. 

Namun, setelah melihat mantan tunangannya menikah, ia pun menjadi stress hingga membuat ia tidak dapat bekerja. Hingga suatu hari, ia pun menjadi profesor pengganti dalam sebuah kelas. Di sana ia bertemu dengan Ha Min Jae (Kim Bum), muridnya yang menunjukkan ketertarikan pada Shin Young. 

Perbedaan umur 12 tahun di antara mereka tidak menghalangi Min Jae untuk terus mendekati Shin Young. Tapi, ternyata jauh sebelum itu keduanya sudah pernah bertemu dalam peristiwa yang tak terduga. 

2. My Love from the Star (2013)

Film drama Korea tentang dosen dan mahasiswa selanjutnya adalah My Love from the Star yang dibintangi oleh para pemeran ternama seperti Jun Ji Hyun, Kim Soo Hyun, dan Park Hae Jin. 

Drama SBS berjumlah 21 episode ini mengisahkan Do Min Joon yang merupakan seorang alien berumur 400 tahun, ia menjalani kehidupannya di bumi dengan tenang. Saat ini ia bekerja sebagai dosen di salah satu universitas. 

Hingga suatu hari, ia bertemu dengan Cheon Song Yi, seorang selebriti terkenal sekaligus tetangga dan juga mahasiswa yang diajarnya. 

Sejak kehadirannya, hidup Do Min Joon begitu gaduh, namun lambat laun keduanya saling jatuh cinta dan mencoba menjalin hubungan romantis yang ternyata tidak mudah. 

Baca Juga: 23 Drakor Romantis Terbaik Sepanjang Masa dengan Rating Tertinggi yang Wajib Kamu Tonton Sebelum Mati

3. Secret Affair (2014) 

Secret Affair menjadi film drama Korea tentang dosen dan mahasiswa yang juga mengangkat isu tentang perselingkuhan, lho!

Drama JTBC ini menceritakan kisah romansa rahasia antara Oh Hye Won, seorang wanita berusia 40-an yang sudah menikah, dan Lee Sun Jae, seorang pria berusia 20-an.

Oh Hye Won bekerja sebagai direktur perencanaan di Yayasan Seni Seohan. Dia elegan dan pandai berurusan dengan orang lain. 

Suatu ketika, ia bertemu dengan Sun Jae seorang pria berumur 20-an yang sangat pandai dalam bermain piano. Karena kelahiran, Sun Jae mendapatkan beasiswa dari suami Hye Won. 

Namun, siapa sangka jika hubungan antara Hye Won dan Sun Jae mengarah pada hubungan terlarang yang seharusnya tidak pernah terjadi. 

Salah satu drama yang masuk dalam daftar film drama Korea tentang dosen dan mahasiswa ini diperankan oleh Kim Hee Ae, Yoo Ah In, Park Hyuk Kwon, Shim Hye Jin, Kim Hye Eun, dan lainnya.

Baca Juga: 21 Film Drama Korea Tentang Perselingkuhan dan Balas Dendam yang Menyedihkan Terbaru dengan Rating Tinggi 

4. Cheese in the Trap (2016)

Kali ini, film drama Korea tentang dosen dan mahasiswa mengangkat kisah dari seorang asisten dosen dan juga mahasiswa senior. 

Drama tvN berjumlah 16 episode ini mengisahkan Hong Seol yang merupakan seorang mahasiswi yang pekerja keras, gigih, dan bahkan menjadi asisten dosen. 

Di sisi lain, ada senior di kampusnya bernama Yoo Jung yang dikenal dengan sikapnya yang baik hati, tenang, dan juga berasal dari keluarga kaya raya. Namun, siapa sangka jika di balik citra positifnya, Yong Jung menyimpan sisi gelapnya sendiri. 

Ternyata, ia adalah sosok yang manipulatif, bahkan cenderung menghancurkan kehidupan orang lain. Tanpa di duga, Hae Sol mengetahui sikap Jung, namun dampaknya ia mulai kesulitan dan memutuskan untuk rehat dari kuliah. 

Beberapa lama setelah kembali lagi berkuliah, tiba-tiba saja Yong Jung mengajaknya berkencan. Hae Sol pun menerimanya, meskipun ia tidak tahu orang macam apa Yong Jung sebenarnya.

Drama ini dibintangi oleh Kim Go Eun, Park Hae Jin, Seo Kang Jun, Lee Sung Kyung, dan lainnya. 

5. Doctors (2016)

Doctors adalah drama SBS yang satu ini mirip kisah jatuh cinta antara dosen dan murid. Tapi drama ini menceritakan kisah antara guru dan muridnya. 

Diceritakan Yoo Hye Jung adalah seorang gadis SMA yang begitu keras kepala dan juga memiliki kepribadian seperti seorang preman. 

Luka yang didapatnya ketika masih kecil membuat Hye Jung menutup diri dari orang lain. Namun, ia mulai berubah setelah bertemu Hong Ji Hong, gurunya yang berperan penting dalam perubahan hidupnya. 

Awalnya ia tampak “tidak memiliki harapan” namun kini Hye Jung menjadi dokter yang penuh kasih. Mereka pun berpisah dan 13 tahun kemudian bertemu lagi, saat Hye Jung  yang kini sudah menjadi seorang dokter. 

Drama Doctors diperankan oleh Kim Rae Won, Park Shin Hye, Lee Sung Kyung, Yoon Kyung Sang, dan lainnya. 

Baca Juga: 12 Rekomendasi Film Korea Tentang Kedokteran, Ada Dokter Bedah, Forensik, Romantis, hingga yang Diremehkan

6. Second 20s (2015)

Film drama Korea tentang dosen dan mahasiswa selanjutnya adalah drama Korea yang dirilis pada tahun 2015 lalu. 

Second 20s menceritakan Ha No Ra, seorang wanita yang sejak dulu bermimpi menjadi seorang penari. Namun, mimpinya tidak bisa terwujud saat dirinya hamil di usianya yang ke sembilan belas tahun. Ia pun terpaksa berhenti sekolah dan menjadi ibu rumah tangga. 

Namun, satu saat ia merasa hidupnya monoton dengan rutinitas yang sama. Karenanya, ia memutuskan untuk mendaftar sebagai mahasiswa di universitas yang sama dengan putranya. 

Tapi, ia baru mengetahui jika suaminya menjadi seorang dosen atau pengajar untuk mata kuliah psikologi di kampus tersebut. 

Drama berjumlah 16 episode ini dibintangi oleh Choi Ji Woo, Choi Won Young, dan Lee Sang Yoon. 

7. Police University (2021)

Kali ini film drama Korea tentang dosen dan mahasiswa bukan kisah yang romantis, namun hubungan yang saling mendukung dan penuh dengan pelajaran hidup. 

Police University menjadi salah satu drama KBS2 yang dirilis pada tahun 2021 lalu. Ceritanya seputar profesor Yoo Dong Man (Cha Tae Hyun), yang bergabung menjadi dosen akademi kepolisian setelah lebih dari 20 tahun bekerja sebagai detektif di tim investigas. 

Di akademi, ia bertemu dengan berbagai mahasiswa, termasuk Kang Sun Ho (Jin Young) dan Oh Kang Hee (Krystal). Ia menjadi mentor bagi mereka dan saling mendukung. 

Tidak hanya itu saja, mereka bersama-sama menghadapi berbagai tantangan dan pelatihan yang tidak mudah. 

Salah satu film drama Korea tentang dosen dan mahasiswa ini berjumlah 16 episode ini dapat kamu temuka di platform menonton VIU dan Netflix. 

8. Law School (2021)

Hampir sama seperti Police University, film drama Korea tentang dosen dan mahasiswa berjudul Law School ini mengisahkan bagaimana kolaborasi epik antara pengajar dan mara mahasiswanya di sebuah akademi hukum bergengsi. 

Suatu ketika, terjadi kasus misterius yang mengakibatkan terbunuhnya seorang profesor di kampus tersebut. 

Kang Sol, salah satu mahasiswa terpintar dan profesor Yang Jong Hoon mencoba memecahkan kasusnya yang ternyata mengarah pada rahasia gelap kampus. 

Drama JTBC ini dibintangi oleh Kim Myung Min, Lee Jung Eun, Kim Beom, Ryoo Hye Young, Lee Soo Kyung, dan lainnya. 

9. My Roommate is a Gumiho (2021)

My Roommate is a Gumiho menjadi film drama Korea tentang dosen dan mahasiswa yang dikemas dalam drama berjumlah 16 episode. 

Kisahnya berpusat pada Shin Woo Yeo, gumiho yang sudah berusia 999 tahun dan memiliki keinginan untuk menjadi seorang manusia seutuhnya. 

Hingga suatu hari, saat ia bekerja sebagai seorang dosen, manik-manik yang menjadi penentunya sebagai manusia tanpa diduga tertelan dan masuk ke dalam perut Lee Dam, salah satu mahasiswi.

Shin Woo Yeo pun melakukan berbagai cara agar bisa mendapatkan lagi manik-maniknya. Hal ini membuat keduanya tinggal bersama dengan alasan yang berbeda. Namun, lambat laun kisah romantis mereka pun berkembang.

Drama tvN ini dibintangi oleh Jang Ki Young, Hyeri, Kang Ha Na, Kim Do Hwan, Bae In Hyuk, Park Kyung Hye, Kim Kang Min, dan lainnya. 

Baca Juga: 20 Film dan Acara TV yang Dibintangi Choi Woo-shik Beserta Sinopsisnya

10. Why Her (2022)

Drama SBS berjudul Why Her menjadi film drama Korea tentang dosen dan mahasiswa selanjutnya yang bisa menjadi pilihanmu. 

Menceritakan Oh Sun Jae (Seo Hyun Jin) yang terlibat dalam sebuah kasus tak terduga yang membawanya terpaksa menjadi seorang asisten profesor di sebuah sekolah hukum. 

Di sana, ia bertemu dengan Gong Chan (Hwang In Yeop) seorang mahasiswa yang penuh luka akibat masa lalu, namun ia memiliki hati yang hangat. Pertemuan itu membuat keduanya terlibat dalam kisah yang penuh emosi dan juga berbagai konflik.  

Di kehidupan nyata, Seo Hyun Jin dan Hwang In Yeop memiliki jarak usia 6 tahun, lho! Seo Hyun Jin yang berusia 38 tahun dan Hwang In Yeop berusia 32 tahun. 

Penutup

Selesai sudah pembahasan mengenai film drama Korea tentang dosen dan mahasiswa yang bisa menjadi referensi dalam mencari tontonan. 

Dari daftar drama Korea ini, apakah ada yang sudah kamu tonton dan menjadi favoritmu? 

FAQ

Siapa saja pemeran drama Police University?

Cha Tae Hyun, Jin Young, Krystal, dan lainnya. 

Police University tayang di stasiun tv apa?

Serial Police University tayang di televisi Korea KBS2.

Drama Law School bergenre apa?

Serial Korea Law School bergenre hukum. 

Di mana bisa nonton drama My Roommate is a Gumiho?

Kamu bisa menontonnya di VIU, Netflix, dan iQIYI. 

Berapa jumlah episode drama Why Her?

Drama Why Her berjumlah 16 episode.