login

23 Drakor Romantis Terbaik Sepanjang Masa dengan Rating Tertinggi yang Wajib Kamu Tonton Sebelum Mati

23 Drakor Romantis Terbaik Sepanjang Masa dengan Rating Tertinggi yang Wajib Kamu Tonton Sebelum Mati

23 Drakor Romantis Terbaik Sepanjang Masa dengan Rating Tertinggi yang Wajib Kamu Tonton Sebelum Mati – Genre romantis menjadi salah satu genre yang tidak lekang oleh waktu dan banyak penggemarnya. Itulah kenapa, genre ini akan selalu ada dan dengan mudah kita temukan. 

Di Korea sendiri, banyak film maupun drama yang mengusung genre romantis tersebut. Tidak sedikit drakor yang sukses dengan meraih rating yang tinggi, lho!

Jika kamu sedang bingung ingin menonton drama romantis apa, kami sudah menyiapkan daftar drakor romantis terbaik sepanjang masa dengan rating tertinggi berikut ini. 

Daftar Drama Korea Terbaik dan Rating Tinggi 

Mulai dari terlibatnya para aktor dan aktris ternama, penulis hebat, hingga produksi yang mahal membuat drama-drama tersebut memikat para penggemar dan meraih kesuksesan. 

Drama-drama Korea berikut ini, merupakan beberapa drakor romantis terbaik sepanjang masa dengan rating tertinggi yang sudah Wiki Sinetron rangkum untukmu. 

1. Princess Hours (2006)

Drama MBC yang dirilis pada tahun 2006 ini menceritakan perjodohan putra mahkota dengan seorang gadis biasa yang ternyata satu sekolah dengannya. Perjodohan ini terjadi karena kedua kakek mereka berjanji untuk saling menjodohkan cucunya. 

Saat penayangan perdana, drama ini meraih rating 16,2%. Bahkan, saat tamat episodenya meraih rata-rata 22,6%.

2. Boys Before Flowers (2009)

Menceritakan Geum Jan Di yang baru pindah ke sekolah bergengsi dan mendapatkan perlakuan buruk akibat konfrontasi dari Gu Jun Pyo. Namun, awalnya benci perlahan-lahan keduanya pun saling jatuh cinta. Namun, berbagai masalah menjadi ringatangan bagi mereka. 

Saat penayangannya, drama ini bahkan berhasil meraih 30% hingga membuat lima episode tambahan dan menjadi salah satu drakor romantis terbaik sepanjang masa dengan rating tertinggi yang bisa kamu pilih.

3. Moon Embracing the Sun (2012) 

Mengisahkan Raja Lee Hwon dan Heo Yeon Woo yang saling mencintai harus berpisah saat Yeon Woo meninggal dunia karena rencana jahat di kerjaan. Namun, ternyata ia masih selamat dengan ingatan yang hilang. Saat dewasa mereka bertemu tapi tidak saling mengenali. 

Drama yang dibintangi oleh Kim Soo Hyun ini berhasil meraih rating tertinggi hingga 42,2 persen saat penayangannya. 

Baca Juga: 12 Rekomendasi Film Drakor Kerajaan Korea Terbaik dengan Rating Tinggi, Romantis, Lucu, Hingga Happy Ending

4. My Love from the Star (2013)

Masih dari drama yang diperankan Kim Soo Hyun, My Love from The Star menceritakan Do Min Joon adalah alien yang sudah hidup sejak 400 tahun di bumi. Ia yang memandang sinis manusia menemukan dirinya jatuh cinta pada Cheon Song Yi, seorang selebriti terkenal. 

Drama yang dibintangi oleh para pemeran ternama ini berhasil meraih hingga 28,1% saat penayangannya, dan menjadi drakor romantis terbaik sepanjang masa dengan rating tertinggi lainnya yang seru untuk kamu tonton.

5. Reply 1988 (2015)

Salah satu drama tvN dengan rating tertinggi adalah Reply 1988 yang mengisahkan lima sahabat yang tumbuh di lingkungan yang sama. Mereka berbagai suka dan duka, hingga akhirnya saat mereka beranjak dewasa berbagai kisah romantis tak terduga mewarnai hidup mereka.  

Drama berjumlah 20 episode ini berhasil meraih rating tertinggi hingga 18,8 persen.

6. Descendants of the Sun (2016)

Menceritakan seorang dokter yang harus melakukan pengabdian di negara yang jauh. Ternyata, di sana ia kembali bertemu dengan seorang tentara yang sempat berkencan dengannya dalam waktu singkat. Namun, perasaan mereka yang tidak berubah kembali tumbuh di tengah berbagai bahaya dan masalah yang terjadi. 

Drama KB2 yang masuk dalam daftar drakor romantis terbaik sepanjang masa dengan rating tertinggi ini berhasil meraih kesuksesan dengan rata-rata perolehan rating 28,6 % bahkan pada episode 16 meraih 28,8%. 

7. Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo (2016)

Drama SBS yang dibintangi oleh para pemeran ternama ini sangat populer dan mendapatkan rating 8.6/10 di IMDb. Menceritakan Hae Soo yang tidak sengaja terlempar ke masa lalu saat Dinasti Goryeo berada. Di sana ia terlibat dengan para pangeran kerajaan, yang membawanya terjebak dalam intrik politik hingga kisah cinta yang rumit. 

8. Strong Woman Do Bong Soon (2017)

Salah satu drama JTBC populer ini mengisahkan seorang wanita bernama Do Bong Soon yang memiliki kekuatan di atas rata-rata sejak lahir.

Hal itu membuatnya menjadi pengawa pribadi An Min Hyuk yang mendapat ancaman anonim. Setiap saat bertemu, membuat tumbuh rasa suka untuk satu sama lain.

9. Guardian: The Lonely and Great God (2016) 

Drama tvN lainnya yang masuk dalam daftar drakor romantis terbaik sepanjang masa dengan rating tertinggi adalah Goblin yang dirilis pada 2016. 

Mengisahkan Kim Shin manusia abadi yang sepanjang hidupnya kesepian. Hingga suatu hari ia bertemu dengan Ji Eun Tak, seorang gadis yang bisa melihat hantu, sekaligus menjadi pengantinnya untuk mencabut kutukan pedang di dada Kim Shin. 

10. What’s Wrong with Secretary Kim (2018)

Meraih rating IMDb 8.0/10, drama ini mengisahkan Kim Mi Soo yang tiba-tiba saja ingin resign. Lee Young Joon sang bos pun mencoba mencari tahu alasannya. Ia mencoba mempertahankan Kim Mi Soo dan kisah asmara mereka yang berhubungan dengan masa lalu pun mulai terkuak. 

Baca Juga: 15 Rekomendasi Film Romantis Indonesia Terbaik yang Bikin Baper dengan Rating Tinggi, Awas Nangis…

11. My ID is Gangnam Beauty (2018)

Saat penayangan episode pertamanya drama ini mendapatkan rating tinggi, lho! Kisahnya berpusat pada Kang Mi Rae yang mengharapkan kehidupan kuliah yang normal setelah melakukan operasi plastik.

Namun, ternyata semuanya berbeda hingga ia bertemu dengan Do Kyung Seok yang membantunya mendapatkan kepercayaan diri dan kisah cinta yang manis.

12. Mr. Sunshine (2018) 

Mr. Sunshine menjadi salah satu drama tvN dengan rating tertinggi hingga 18,1% yang membuatnya menjadi salah satu drakor romantis terbaik sepanjang masa dengan rating tertinggi yang bisa kamu pilih.

Ditulis oleh Kim Eun Sook, drama ini menceritakan Eugene Choi yang melarikan diri ke Amerika setelah orang tuanya yang menjadi budak terbunuh. 

Kini ia menjadi Korps Marinir Amerika dan kembali ke Korea. Siapa sangka kepulangannya itu membawanya bertemu dan terlibat kisah cinta dengan Ae Shin, cucu dari seorang bangsawan. 

13. Crash Landing on You (2019)

Sempat menempati posisi pertama drama tvN dengan rating tertinggi, Crash Landing on You mampu menyajikan kisah cinta terlarang dari pasangan beda negara.

Diceritakan Yoon Se Ri yang tidak sengaja memasuki Korea Utara saat paragliding. Ia bertemu dengan kapten militer Ri Jung Hyuk yang terpaksa melindunginya dan tinggal hingga perasan cinta pun tumbuh antara mereka. 

14. Extraordinary You (2019)

Meraih rating 7.8/10 di IMDb drama ini mendapatkan popularitas saat penayangannya. Ceritanya berpusat pada Eun Dan Oh yang baru menyadari jika dirinya hidup di dalam komik. Ia mendapatkan peran karakter yang akan meninggal karena penyakit jantungnya. 

Ia pun berusaha untuk mengubah alur cerita sesuai dengan apa yang ia inginkan sambil terlibat kisah cinta dengan Haru dan juga Baek Kyung. 

15. When the Camellia Blooms (2019)

Salah satu drama KBS2 yang masuk dalam daftar drakor romantis terbaik sepanjang masa dengan rating tertinggi ini berhasil meraih rating tertinggi hingga 20,7 persen saat penayangannya.

Mengisahkan Dong Baek dan putranya yang baru saja pindah. Ia sering menjadi gosip para tetangga. Di sisi lain, Hwang Yong Sik, seorang petugas polisi benar-benar jatuh cinta bada Dong Baek. Di tengah perkembangan kisah mereka, pembunuhan berantai berkeliaran di sana.

16. Mr. Queen (2020) 

Dibalut dengan komedi, Mr. Queen mengangkat kisah seorang chef yang tiba-tiba masuk ke tubuh seorang Ratu So Young yang merupakan istri dari Raja Cheoljong. Awalnya mereka tidak tampak akrab, hingga perlahan-lahan perubahan Ratu So Young membuat perubahan pada hubungan mereka di tengah berbagai bahaya di kerajaan yang mengintai.

Salah satu drakor romantis terbaik sepanjang masa dengan rating tertinggi ini tayang di tvN dengan rating tertinggi 17,3 persen. 

17. Hospital Playlist (2020) 

Salah satu drama tVN dengan rating tertinggi lainnya adala Hospital Playlist yang meraih popularitas. Kisahnya berpusat pada lima dokter yang bersahabat sejak lama. Mereka kini bekerja di rumah sakit Yulje. Kita akan melihat berbagai kisah dari para pasien, hingga pertumbuhan karakter dan cinta para tokohnya. 

Baca Juga: 12 Rekomendasi Film Korea Tentang Kedokteran, Ada Dokter Bedah, Forensik, Romantis, hingga yang Diremehkan

18. Hometown Cha Cha Cha (2021) 

Drakor romantis terbaik sepanjang masa dengan rating tertinggi lainnya adalah Hometown Cha Cha Cha yang mengisahkan Yoon Hye Jin, seorang dokter gigi yang membuka klinik di sebuah kota kecil. Di sana, ia bertemu dengan Hong Du Sik yang serba bisa. Berawal dari berbagai pertengkaran, perlahan-lahan keduanya membangun hubungan dekat. 

19. Twenty Five Twenty One (2022)

Satu lagi drama tvN dengan rating tinggi yang berkesan bagi para penggemar drakor adalah Twenty Five Twenty One yang mengisahkan Na Hee Do, seorang remaja pemain anggar yang penuh tekad.

Suatu hari, ia bertemu dengan Baek Yi Jin, yang bekerja serabutan setelah keluarganya bangkrut. Pertemuan itu pun membawa mereka pada sebuah pertemanan dan saling bertumbuh bersama. 

20. Welcome to Samdal-ri (2023)  

Salah satu drakor romantis terbaik sepanjang masa dengan rating tertinggi lainnya adalah Welcome to Samdalri yang berhasil meraih hingga 12,3 persen. 

Dramanya menceritakan Jo Yong Phil, seorang peramal cuaca di desa Samdari. Di sisi lain, Cho Sam Dal kembali ke kampung halamannya setelah gagal mewujudkan impiannya di Seoul. 

21. Crash Course in Romance (2023) 

Choi Chi Yeol adalah mentor matematika terkemuka yang blak-blakan. Suatu ketika, ia terlibat dengan Nam Haeng Sun, seorang wali dari salah satu muridnya. Keduanya yang saling bertolak belakang akhirnya bertemu. Meskipun diawali dengan berbagai hal terduga, mereka mulai mengembangkan hubungan romantis. 

22. Queen of Tears (2024) 

Kini drama tvN dengan rating tertinggi di posisi pertama resmi disematkan pada Queen of Tears. Salah satu drakor romantis terbaik sepanjang masa dengan rating tertinggi ini meraih rating hingga 24,8 persen. 

Mengisahkan Hong Hae In dan Baek Hyun Woo mendapati rumah tangga mereka di ujung tanduk. Hingga tiba-tiba saja Hong Hae In didiagnosa menderita penyakit ganas. Hal ini menjadi awal dari perjalanan kisah keduanya yang berliku. 

13. Lovely Runner (2024)

Stasiun televisi tvN kembali dengan drama yang juga meraih popularitas tinggi yang semakin melambungkan salah satu nama pemeran utamanya, Byeon Woo Seok. 

Lovely Runner mengisahkan Im Sol yang menemukan penghiburan dari sosok penyanyi terkenal, Ryu Sun Jae. Namun, suatu ketika, Sun Jae ditemukan meninggal dunia karena bunuh diri. Di saat kesedihannya, tiba-tiba saja Im Sol melakukan perjalanan waktu ke 15 tahun lalu. Ia pun bertekad menyelamatkan Sun Jae, bagaimana pun caranya. 

Baca Juga: 17 Film Drama yang Diperankan Byeon Woo Seok Rating Tinggi Selain Lovely Runner

Penutup

Wah, banyak ya drakor romantis terbaik sepanjang masa dengan rating tertinggi kali ini. Masih banyak drama Korea romantis lainnya yang meraih popularitas dan tak kalah seru, lho! Apakah harus lanjut part 2 nih? 

Kalian bisa menemukan dan menonton drama-drama tersebut melalui platform streaming seperti VIU, Netflix, Vidio, iQIYI, Prime Video, Disney+ Hostar dan lainnya. 

FAQ

Moon Embracing the Sun tayang tahun berapa?

Drama Moon Embracing the Sun tayang pada tahun 2012. 

Siapa pemeran drama Mr. Sunshine?

Lee Byung Hun, Kim Tae Ri, Yo Yeon Seok, Byun Yo Han, Kim Min Jung, dan lainnya. 

Apa drama tvN dengan rating tertinggi?

Saat ini ditempati oleh Queen of Tears dengan rating 24,8 persen. 

Nonton drama Queen of Tears di mana? 

Kamu bisa menontonnya di Netflix. 

Drama Lovely Runner sampai episode berapa? 

Lovely Runner memiliki jumlah 16 episode.