login

10 Rekomendasi Film India Paling Sedih dan Menguras Air Mata, Sudah Nonton

10 Rekomendasi Film India Paling Sedih dan Menguras Air Mata, Sudah Nonton?

10 Rekomendasi Film India Paling Sedih dan Menguras Air Mata, Sudah Nonton? – Film-film India sempat menjadi salah satu tontonan menarik yang menyita penonton di Indonesia. 

Tidak hanya menampilkan tarian dan musik yang khas, tapi film Bollywood juga memiliki cerita yang kaya dan tidak jarang menguras air mata para penontonnya, 

Bagi kamu penggemar film-film India, kami siapkan rekomendasi film India paling sedih yang bisa kamu pilih dan tonton bersama keluarga. 

Daftar Film India Menguras Air Mata

Film-film India ini memiliki kisah yang membuat emosi kita naik turun, namun sekaligus penasaran karena ingin mengetahui akhir dari ceritanya. 

Apakah kamu sudah siap nonton filmnya? Jangan lupa siapkan tisu ya. 

1. Mohabbatein (2000)

Rekomendasi film India paling sedih yang pertama adalah Mohabbatein. Salah satu film yang legendaris ini digarap oleh Aditya Chopra dan berdurasi 216 menit. 

Kisahnya berpusat pada 3 mahasiswa muda yang ceria dan penuh semangat yang bersekolah di Universitas Gurukul India. Di sana, mereka dipimpin oleh seorang rektor yang tegas dan penuh disiplin yang melarang mereka untuk terpengaruh oleh cinta. 

Namun, ketiga mahasiswa itu melanggar aturan dan mulai jatuh cinta. Namun, tentu saja semuanya tidak mudah hingga mereka berpikir jika sejak awal memang mereka tidak ditakdirkan untuk hubungan ini. 

Hingga suatu hari, seorang guru musik hadir dan menjadi seorang penyelamat. Siapa sang guru memiliki kisah menyayat hati yang berhubungan dengan pemilik asrama. 

2. Khabi Khushi Khabie Gham (2001)

Film Khabi Khushi Khabie Gham yang berdurasi 210 menit ini merupakan film yang naskahnya ditulis dan juga disutradarai oleh Karan Johar. 

Salah satu rekomendasi film India paling sedih ini menceritakan Rahul (Shah Rukh Khan), seorang anak angkat dari raja bisnis bernama Yash Raichand (Amitabh Bachchan). Ia merasa sangat berterima kasih kepada ayahnya karena telah menyelamatkannya dari kehidupan yang miskin. 

Namun, ketika Yash melarang cintanya kepada Anjali yang miskin (Kajol), Rahul tidak dapat menuruti ayahnya dan memutuskan menikahi Anjali dan pindah ke London bersama istri dan adik iparnya, Pooja (Kareena Kapoor). Keputusan tersebut membuat hati ibunya (Jaya Bachchan) hancur dan sedih. 

Sepuluh tahun kemudian, adik Rahul (Hrithik Roshan) datang ke London dengan niat untuk mendamaikan ayah dan kakaknya, agar keluarganya bisa bersama seperti sedia kala. 

Film ini dibintangi oleh para pemeran ternama seperti Shahrukh Khan, Amitabh Bachchan, Jaya Bachchan, Hrithik Roshan, dan Kareena Kapoor.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Film Romantis Indonesia Terbaik yang Bikin Baper dengan Rating Tinggi, Awas Nangis…

3. Baghban (2003)

Baghban merupakan film India yang diadaptasi dari film berjudul Make Way for Tomorrow yang dirilis pada tahun 1937 dan menjadi salah satu rekomendasi film India paling sedih kali ini. 

Ceritanya berpusat pada hubungan antara orang tua dan keempat anaknya. Raj adalah seorang ayah yang bekerja di bank, bersama dengan istrinya, Pooja, ia merawat dan membesarkan keempat anaknya yang sangat ia sayangi, keduanya juga memberikan apapun yang mereka butuhkan. 

Namun, saat Raj pensiun, ia dan Pooja malah menerima perlakuan yang tidak menyenangkan dari keempat anaknya. Putra-putranya ingin dia tinggal dengan putra sulung, sementara putra kedua merawat Pooja. 

Di samping itu, dua anak bungsu akan masing-masing merawat salah satu orang tua mereka enam bulan kemudian. 

Apakah putra-putra Raj dan Pooja akan terus menjalankan pengaturan yang penuh perhitungan ini saat kedua orang tuanya menyayangi mereka tanpa batas? 

4. VEER ZAARA (2004)

Dikisahkan Veer dan Zaara mengalami kecelakaan bus, yang membuat keduanya bertemu dan saling jatuh cinta. Namun, kisah mereka mengalami rintangan saar Veer harus mendekam di penjara setelah difitnah oleh tunangan Zaara. 

Puluhan tahun Veer dipenjara hingga pertemuannya dengan seorang pengacara memberinya harapan dan mencoba membebaskannya. Sang pengacara pun mulai mengumpulkan bukti jika semua tuduhan pada Veer sama sekali tidak benar. 

Ia juga bahkan membawa Zaara untuk menemui Veer yang menjadi saat-saat mengharukan sekaligus menguras air mata. 

Film yang menjadi rekomendasi film India paling sedih satu ini dibintangi oleh Shah Rukh Khan, Preity Zinta, Rani Mukerji, Manoj Bajpayee, Divya Dutta, Kirron Kher,  Anupam Kher, dan lainnya.

5. Taare Zameen Par (2007)

Taare Zameen Par atau yang juga memiliki judul lainnya Like Stars on Earth, menjadi rekomendasi film India paling sedih berikutnya yang bisa kamu pilih. 

Film yang dibintangi oleh Aamir Khan dan Darsheel Safary ini kisahnya berpusat pada Ishaan Awasthi, seorang anak berumur 8 tahun yang mengalami disleksia. Ia kerap kali mendapati dirinya dimarahi oleh guru karena tidak bisa menulis dan membaca layaknya murid lain. 

Sayangnya, kelemahannya tidak diketahui oleh orang tua Ishaan. Hingga suatu hari hiduplah seorang guru kesenian yang kemudian membantunya karena ternyata Ishan memiliki kelebihan di bidang seni. 

Sang guru pun membantu Ishan hingga ia dapat menjadi orang yang ditermia dan dihargai oleh orang lain, hingga akhirnya Ishan dapat memenangkan kompetisi melukis. 

Baca Juga: 10 Rekomendasi Film Tentang Pendidikan yang Menginspirasi dan Mengharukan, Cocok untuk Meningkatkan Motivasi Pelajar

6. My Name is Khan (2010)

Salah satu rekomendasi film India paling sedih yang meraih kesuksesan dan laris di pasaran adalah film My Name is Khan. 

Diceritakan seorang pria muslim bernama Rizwan, memiliki sindrom asperger atau salah satu bentuk dari autisme yang penderitanya sulit bersosialisasi. Suatu ketika, ia melakukan perjalanan dan usahanya menemui Presiden Amerika karena ada hal yang ingin disampaikan. 

Selama perjalanan panjangnya itu, ia mencoba mengubah penilaian buruk orang-orang terhadap agamanya. Pasalnya, orang muslim dianggap sebagai ancaman setelah terjadinya serangan 9/11 di Amerika. 

Rizwan berjuang untuk meraih keadilan dan mengubah pandangan orang lain terhadap dirinya yang seorang muslim dan juga agama yang ia anut. 

7. We Are Family (2010)

Meskipun film We Are Family menjadi salah satu rekomendasi film India paling sedih, tapi film ini juga mengangkat genre komedi, drama, dan keluarga. 

Film garapan Malhotra P. Siddharth ini merupakan adaptasi dari film Amerika yang dirilis pada tahun 1998 berjudul Stepmom. Bercerita mengenai Maya dan Aman, sepasang suami istri yang memutuskan berpisah. 

Dalam salah satu rekomendasi film India paling sedih ini, kita akan melihat Maya mendapatkan hak asuh untuk ketiga anaknya, sedangkan Aman kini hidup dengan Shreya, kekasihnya. 

Suatu ketika, Maya mengetahui jika dirinya mengidap kanker. Ia pun meminta Aman dan Shreya untuk tinggal bersama. Tentunya ada banyak perdebatan dan hambatan dengan hadirnya Shreya dalam hidup anak-anaknya. 

Namun, melalui hal ini, kisah sebuah keluarga pun terbentuk. 

Baca Juga: 10 Rekomendasi Film Sedih Indonesia Tentang Ayah, Ibu, & Keluarga

8. BAJRANGI BHAIJAAN (2015)

Berbicara mengenai rekomendasi film India paling sedih, tentunya jangan melewatkan film Bajrangi Bhaijaan yang dibintangi yang dibintangi oleh Salman Khan dan Kareena Kapoor. 

Bermula dari Pavan, seorang Hindu yang menemukan anak perempuan bernama Munni yang kehilangan ibunya saat melakukan perjalanan malam hari dengan kereta api. 

Masalahnya, Munni sama sekali tidak mau berbicara pada siapapun sampai akhirnya Pavan mengetahui jika anak itu tersesat. Pavan juga mulai mengetahui jika Munni berasal dari Pakistan, negara yang sedang berkonflik dengan India. 

Ia pun membantu Munni menemukan keluarganya melalui perjalanan yang tidak mudah. 

9. Padmaavat (2018)

Film Padmaavat yang dirilis pada tahun 2018 berlatar pada tahun 1303 Masehi di India abad pertengahan dan menjadi film dalam rekomendasi film India paling sedih kali ini.

Diceritakan pertemuan yang membuat Maharawal Ratan Singh dan Padmavati saling jatuh cinta, dan memutuskan untuk menikah.

Namun kebahagiaan itu hilang saat Padmavati direbut oleh sultan yang kejam dan tamak bernama Sultan Alauddin. Ia ingin menjadikan Padmavati istrinya bagaimana pun caranya. 

Sang suami pun mencoba menolong dan melindungi Padmavati, namun sayangnya harus gugur saat melawan sang sultan. Untuk membuktikan kesetiaannya pada sang suami, Padmavati pun memutuskan untuk melakukan tradisi Jauhar. 

Tradisi yang memperlihatkannya jika kisah cinta ia dan suaminya akan abadi meskipun berakhir dengan tragis. 

Film Padmaavat dapat kamu temukan dan tonton melalui platform Prime Video

10. The Sky is Pink (2019)

Rekomendasi film India paling sedih lainnya adalah The Sky is Pink yang menjadi film garapan Priyanka Chopra Jonas sebagai seorang produser sekaligus pemeran dalam filmnya. 

The Sky is Pink memperlihatkan Aisha, seorang anak perempuan yang sedang menceritakan tentang kedua orang tuanya, Aditi dan Niren. 

Menurut penuturan cerita Aisha, kedua orang tuanya berasal dari keluarga yang berbeda, namun hal itu tidak menghalangi mereka untuk menikah. Mereka pun dikarunia anak bernama Tanya, namun menginjak usia 1 tahun Tanya meninggal akibat penyakit imun yang langka. 

Beberapa lama kemudian, keduanya pun dikaruniai anak kembali bernama Ishaan dan Aisha. Sayangnya, Aisha didiagnosis menderita penyakit yang sama dengan anak pertama mereka sebelumnya. 

Belajar dari pengalaman, Aditi dan Niren pun melakukan berbagai cara untuk mengupayakan kesembuhan Aisha. 

Penutup

Itulah 10 rekomendasi film India paling sedih yang dibuat pada kesempatan kali ini. Beberapa mengangkat kisah cinta antara pasangan, dan yang lainnya menceritakan tentang keluarga. 

Bagaimana pun kisah-kisah ini memiliki kelebihan dan hal mengharuskan yang dapat membuatmu merasa terbawa oleh emosi.

Apakah ada film India yang sudah berhasil membuatmu menangis? 

Nantikan pembahasan rekomendasi film lainnya yang tidak kalah menarik dan dapat kamu temukan di blog Wiki Sinetron. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film Seksual Education Indonesia dan Sinopsisnya yang Mendidik

FAQ

Berapa durasi film Mohabbatein

Film ini berdurasi 216 menit, atau selama 3 jam 36 menit. 

Siapa saja pemeran film Khabi Khushi Khabie Gham?

Shahrukh Khan, Amitabh Bachchan, Jaya Bachchan, Hrithik Roshan, Kareena Kapoor, dan lainnya. 

Di mana bisa nonton film Padmaavat?

Film Padmaavat dapat kamu saksikan di Prime Video. 

Siapa sutradara film We Are Family?

Malhotra P. Siddharth adalah sutradara dari film tersebut. 

Siapa produser film The Sky is Pink?

Priyanka Chopra Jonas adalah produser sekaligus pemeran film The Sky is Pink.