login

10 Rekomendasi Film Sedih Indonesia Tentang Ayah, Ibu, & Keluarga - cover

10 Rekomendasi Film Sedih Indonesia Tentang Ayah, Ibu, & Keluarga

10 Rekomendasi Film Sedih Indonesia Tentang Ayah, Ibu, & Keluarga – Cerita mengenai keluarga memang selalu membawa kehangatan sekaligus haru bagi para penontonnya. 

Tema yang lekat dengan setiap orang dan kehidupan sehari-hari membawa kita dengan mudah merasa dekat dan dapat bersimpati dengan alur ceritanya. 

Bagi kamu yang sedang mencari film bertema keluarga maupun orang tua, berikut 10 rekomendasi film sedih indonesia tentang ayah, ibu, & keluarga untukmu. 

Daftar Film Sedih Indonesia Bertema Orang Tua & Keluarga 

10 Rekomendasi Film Sedih Indonesia Tentang Ayah, Ibu, & Keluarga - cover
canva.com

Film-film rekomendasi ini diurutkan berdasarkan tahun rilisnya, untuk memudahkanmu memilih dari film yang tayang beberapa tahun lalu, hingga film-film terbaru. 

Sudah siap dengan film yang menguras air mata? Ini dia daftarnya!

1. Ayah Menyayangi Tanpa Akhir (2015)

10 Rekomendasi Film Sedih Indonesia Tentang Ayah, Ibu, & Keluarga - Ayah Menyayangi Tanpa Akhir
Instagram/@fedinuril

Rekomendasi film sedih Indonesia yang pertama ini diangkat dari sebuah novel dengan judul yang sama karya Kirana Kejora. 

Mengisahkan Juna yang jatuh cinta pada gadis asal Jepang, Keisha. Berasal dari keluarga ningrat yang masih menjunjung tinggi adat istiadat, awalnya Juna tidak direstui untuk meminang Keisha, namun karena kegigihannya ia pun mendapat restu. 

Sayangnya, Juna harus menghadapi kenyataan saat Keisha meninggal dunia ketika melahirkan anak mereka, Mada. Ia pun membesarkan dan merawat Mada dengan penuh kasih sayang seorang diri.

Hingga suatu saat, Juna kembali bertemu dengan takdir yang kelam, saat mengetahui jika Mada, anak semata wayangnya mengidap kanker otak. 

Film ini dibintangi oleh Fedi Nuril, Kelly Tandiono, Naufal Azhar, Amanda Rawles, Niken Anjani, dan lainnya. 

2. Sabtu Bersama Bapak (2016)

10 Rekomendasi Film Sedih Indonesia Tentang Ayah, Ibu, & Keluarga - Sabtu Bersama Bapak
imdb.com

Rekomendasi film sedih Indonesia satu ini dibintangi oleh para pemeran Indonesia terkenal. 

Baca Juga: 12 Pemain Film Indonesia Terpopuler Wanita dan Laki-laki yang Keren

Menceritakan Gunawan (Abimana Aryasatya) yang menemukan dirinya hanya memiliki satu tahun lagi untuk hidup. Ia pun tidak mau menyia-nyiakannya, dan membuat banyak rekaman pesan untuk kedua anaknya. 

Itje (Ira Wibowo) memutuskan setiap satu minggu sekali, kedua anaknya Satya (Arifin Putra) dan Cakra (Deva Mahenra) untuk berkumpul dan menyaksikan rekaman mendiang ayah mereka.

Sayangnya, Itje mengalami kanker payudara. Ia pun tidak memberitahu kedua anaknya karena tidak ingin merepotkan mereka yang sibuk dengan keluarga dan pekerjaannya. Sampai akhirnya operasi dilakukan pun Satya dan Cakra tidak mengetahui kondisi ibunya. 

Namun, rahasia itu pun terbongkar, yang membuat keduanya sangat sedih.  

Film yang dirilis perdana pada 5 Juli 2026 ini merupakan film yang diangkat dari novel dengan judul yang sama karya Adhitya Mulya. 

3. Ibu Maafkan Aku (2016)

10 Rekomendasi Film Sedih Indonesia Tentang Ayah, Ibu, & Keluarga - Ibu Maafkan Aku
imdb.com

Rekomendasi film sedih Indonesia berikutnya mengisahkan Hartini, seorang ibu tunggal yang bekerja sebagai pemecah batu kali harus membesarkan ketiga anaknya, Banyu dan Gendis yang masih SMA, dan juga Satrio yang masih SD.

Banyu yang menjadi pemimpin dalam keluarga, seringkali menimbulkan konflik dengan Gendis. Terlebih saat Gendis jatuh cinta dengan Panji. 

Hingga akhirnya, Banyu dan Gendis bertambah dewasa. Hartini harus menghadapi dilema saat Banyu harus menggapai mimpinya dan pergi ke Jakarta. Begitu juga dengan Gendis yang memutuskan untuk kuliah di Yogyakarta. 

Namun, setelah kesuksesan yang diraih Banyu dan Gendis, ada rahasia yang selama ini Hartini simpan rapat-rapat. 

Film Ibu Maafkan Aku dibintangi oleh aktris Indonesia berpengalaman Christine Hakim, selain itu Ade Firman Hakim, Meriza Febriani, Marcellino, Herdin Hidayat, dan lainnya. 

4. Keluarga Cemara (2018)

10 Rekomendasi Film Sedih Indonesia Tentang Ayah, Ibu, & Keluarga - Keluarga Cemara
imdb.com

Film Keluarga Cemara merupakan film adaptasi dari sinetron Indonesia yang populer pada tahun 90-an yang menjadi salah satu rekomendasi film sedih Indonesia untukmu. 

Menceritakan Abah dan Emak yang harus menghadapi tuntutan hidup setelah mengalami penipuan dan seluruh aset keluarga mereka habis. Keluarga yang awalnya hidup berkecukupan, kini harus tinggal di desa di Bogor.  

Abah berusaha untuk memenuhi kebutuhan keluarganya, dan Emak yang selalu ada mendampingi Abah. 

Awalnya Euis, anak pertama mereka tidak menerima sekolah barunya. Namun perlahan-lahan ia menyadari apa yang terjadi pada keluarganya. 

Berbagai tantangan datang silih berganti, membuat Abah harus menilai dan memutuskan apa yang terbaik untuk keluarganya. 

Baca Juga: Nonton Film Jatuh Cinta Seperti di Film-film Full Movie Bukan Rebahin, LK21, Bioskopkeren

5. 27 Steps Of May (2018)

Poster 27 Steps Of May
imdb.com

Film ini berfokus pada kisah trauma seorang perempuan bernama May, penyintas tragedi pemerkosaan yang terjadi pada kerusuhan Mei 1998. 

Salah satu rekomendasi film sedih Indonesia ini menceritakan kejadian yang menimpa May saat berumur 14 tahun membuat hari-harinya kelam, ia terkadang melukai dirinya, dan ia juga memutus ikatan dengan dunia luar, bahkan ia tidak berkomunikasi dengan bapaknya sendiri. 

Kondisi ini membuat bapak May hidup dalam penyesalan, sehingga ia berusaha untuk terus menjaga dan memberikan kenyamanan pada May. 

Suatu saat, seorang pesulap tinggal di sebelah rumah May. Pesulap itu kerap menyapa dan membangun interaksi dengan May melalui lubang di dinding. 

Lukman Sardi, Raihaanun, Ario Bayu, Verdi Solaiman, Henky Solaiman adalah para pemeran 17 Steps on May yang menjadi salah satu rekomendasi film sedih Indonesia ini.

Berkat peran Raihaanun sebagai tokoh May, berhasil membawanya sebagai Aktris Utama Terbaik dalam penghargaan Film Festival Indonesia.

6. Sejuta Sayang Untuknya (2020)

10 Rekomendasi Film Sedih Indonesia Tentang Ayah, Ibu, & Keluarga - Sejuta Sayang Untuknya
imdb.com

Rekomendasi film sedih Indonesia selanjutnya adalah Sejuta Sayang Untuknya yang disutradarai oleh Herwin Novianto. 

Menceritakan Aktor Sagara (Deddy Mizwar), seorang single parent yang selalu berusaha untuk membahagiakan anaknya, Gina (Syifa Hadju). Keduanya saling menyayangi, Aktor selalu merindukan Gina, dan Gina yang ingin menghentikan penderitaan ayahnya. 

Aktor berprofesi sebagai pemain figuran dalam film-film. Menurutnya, dari sekian banyak figuran yang ia perankan, peran sebagai ayah Gina adalah yang paling ia suka. 

Meskipun begitu, ia selalu mengurus keperluan rumah tangga, melindungi, mengayomi, dan bertekad merawat Gina tumbuh dengan baik. 

Di sisi lain, Gina bertemu dengan Wisnu yang datang dengan cinta juga. Keduanya membicarakan cinta. Bagi mereka cinta bukan hanya sekedar kata-kata, tapi juga aksi. 

7. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (2020)

10 Rekomendasi Film Sedih Indonesia Tentang Ayah, Ibu, & Keluarga - NKCTHI
imdb.com

Cerita berfokus pada sebuah keluarga yang terdiri dari ayah dan ibu, juga ketiga anaknya, Angkasa, Aurora, dan Awan. 

Salah satu rekomendasi film sedih Indonesia ini menceritakan ketika, Awan mengalami kegagalan dalam karirnya. Sebagai anak bungsu yang selalu diperhatikan kedua orang tuanya, ia pun ingin memutuskan hidupnya sendiri. 

Awalnya ia bertemu dengan sosok Kale, dan jatuh cinta padanya. Namun, pertemuannya itu membuat perubahan pada sikap Awan yang membuatnya mendapat tekanan dari keluarga. 

Namun, ternyata konflik itu hanyalah awal dari pemberontakan kakak adik itu. Hal ini membuat keluarga yang tampak baik-baik saja dan bahagia mengungkap rahasia besar dan juga trauma keluarga mereka. 

Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini atau dikenal juga dengan NKCTHI merupakan film yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Marchella FP. 

8. Menunggu Bunda (2021)

10 Rekomendasi Film Sedih Indonesia Tentang Ayah, Ibu, & Keluarga - Menunggu Bunda
imdb.com

Rekomendasi film sedih Indonesia tentang orang tua dan keluarga selanjutnya adalah Menunggu Bunda

Salah satu film Indonesia ini menceritakan kondisi Bu Yenny (Putri Ayudya) yang tiba-tiba tidak sadarkan diri dan harus dirawat di rumah sakit. Ia ditemani oleh suaminya Marsio (Donny Damara) yang mengidap alzheimer, dan ketiga anaknya. 

Dalam kondisi itu, anak-anaknya Alya (Adinda Thomas), Alma (Steffi Zamora), Andra (Rey Mbayang) menghadapi berbagai konflik. Mulai dari Alya yang akan melanggar janjinya yang ia buat pada ibunya, hingga pertengkaran antara Alma dan Andra. 

Namun, di tengah konflik yang terjadi, ketiganya mengetahui sebuah rahasia dan tersadar jika mereka benar-benar tidak mengenal ibu mereka. 

Di samping itu, kedua dokter yang menangani Bu Yenny, terus berjuang dengan kenyataan ayas ketidakmampuan perawatan medis untuk menghadapi kematian yang tidak terhindarkan. 

Baca Juga: Link Nonton Film Santri Pilihan Bunda 2024 Episode 1,2,3,4,5,6,7,8 Selain LK21, Rebahin, IndoXXI

9. Miracle In Cell No.7 (2022)

Poster Miracle In Cell No.7
imdb.com

Rekomendasi film sedih Indonesia selanjutnya adalah film besutan sutradara kawakan Hanung Bramantyo. Film ini merupakan adaptasi dari film dengan judul yang sama asal Korea Selatan. 

Mengisahkan Dodo Rozak (Vino G. Bastian), seorang penjual balon yang menyandang disabilitas intelektual yang dituduh melakukan pembunuhan dan pelecehan terhadap anak dari keluarga pejabat. 

Dodo pun dijerumuskan ke penjara, ia terus-terusan diperlakukan buruk. Namun, ada peristiwa yang membuat para napi dan sipir mulai menerima dan berteman dengannya. 

Hingga suatu hari, para napi membantu Dodo untuk bertemu putrinya, Ika Kartika (Graciella Abigail) yang melakukan pertunjukan Islami di lapas Dodo berada. Sempat mengalami serangkaian peristiwa dan ketahuan, akhirnya Dodo pun dapat kembali bersama putrinya di dalam sel. 

Para teman-teman napi akhirnya mengetahui jika Dodo tidak bersalah, mereka pun membantunya dalam mempersiapkan banding. Namun, karena mendapatkan ancaman dan demi keselamatan anaknya, Dodo pun mengakui kejahatan yang tidak ia lakukan. 

Pengadilan memutuskan hukuman mati padanya. Beberapa tahun kemudian, Kartika yang kini menjadi seorang pengacara, kembali meninjau ulang dan berusaha memulihkan nama baik ayahnya. 

10. Ngeri-Ngeri Sedap (2022)

Poster Ngeri-Ngeri Sedap
imdb.com

Salah satu rekomendasi film sedih Indonesia ini sempat menarik perhatian publik pada tahun 2022 dengan fokus cerita pada sebuah keluarga dari suku Batak. 

Pak Domu dan Mak Domu yang tinggal bersama anak perempuan satu-satunya, merindukan ketiga anak laki-lakinya yang sedang merantau. Mereka pun membuat skenario dengan wacana akan bercerai. 

Hal itu pun akhirnya membuat ketiga anaknya, Domu, Gabe, dan Sahat pulang. Mereka pun mengajak Pak Domu dan Mak Domu berdiskusi. Namun, karena tidak ada pencerahan ketiganya berencana akan kembali lagi.

Hal ini pun membuat Pak Domu mengeluarkan argumen yang membuat semuanya marah. Hal ini membuat Mak Domu mengungkap rahasia skenario tentang perceraian itu dan memang benar-benar ingin bercerai dan kembali ke rumah ibunya. 

Konflik ini membuat Pak Domu risau. Ia pun mulai mempelajari dan memahami apa yang anak-anaknya inginkan dan juga istrinya. 

Meskipun film ini mengandung genre komedi, kita akan melihat bagaimana konflik yang terjadi  dapat membawa jalan baru dan tidak terduga akan keutuhan sebuah keluarga. 

Penutup

Itulah rekomendasi film sedih Indonesia yang berpusat pada kisah ibu, ayah, maupun keluarga yang dapat kamu nikmati. 

Beberapa film tersedia di platform streaming seperti Netflix, Vidio, hingga Amazon Prime Video. Pastikan kamu menontonnya secara legal di situs-situs resmi tersebut ya. 

Apa kamu sudah menentukan film mana yang akan kamu tonton dan membuatmu terharu?

Baca Juga: 10 Film Bioskop yang Akan Tayang Bulan Mei 2024, Jadwal, Sinopsis dan Cara Nonton

FAQ

Siapa sutradara film Keluarga Cemara?

Yandy Laurens adalah sutradara film Keluarga Cemara.

Versi Indonesia dan Korea dari film Miracle In Cell No.7 dirilis pada tahun berapa?

Versi Korea dirilis pada tahun 2013, sedangkan versi Indonesia dirilis pada tahun 2022.

Film Ngeri-Ngeri Sedap di bintangi oleh siapa saja?

Arswendy Beningswara Nasution, Tika Panggabean, Boris Bokir, Gita Bhebhita Butar-butar, Lolox, Indra Jegel, Rita Ratu Mona, dan lainnya.

Siapa penulis novel NKCTHI yang bukunya dijadikan film?

Marchella FP adalah penulis novel NKCTHI.

Siapa saja pemeran film NKCTHI?

Rio Dewanto, Sheila Dara, Rachel Amanda, Ardhito Pramono, Donny Damara, Susan Bachtiar, dan lainnya.